Selasa, 04 Mei 2010

Masakan Jepang Untuk Kesehatan

Jakarta - Masakan Jepang memang sudah populer di berbagai negara. Selain terkenal memakai bahan segar juga mempunyai cita rasa alami. Tak hanya itu bahan-bahan yang dipakai untuk memasak ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan sejak ratusan tahun silam. Semuanya diungkap tuntas di buku yang satu ini!

Masakan Jepang memang sudah cukup terkenal sejak lama karena mengutamakan kesegaran bahan dan juga rempah-rempah pilihan yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tidak hanya itu, beberapa jenis masakan masih diproses dengan cara tradisional sehingga cukup aman dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Di dalam buku Japanese Foods That Heal ini, diungkap secara rinci aneka bahan makanan yang dipakai sejak ratusan tahun silam oleh bangsa Jepang. Tak sekedar nama dan ciri-cirinya tetapi juga khasiat hebatnya bagi kesehatan.

Mulai dari miso, shoyu, jamur shiitake, mochi, tofu, mirin hingga teh Jepang. Ada juga penjelasan mengenai bahan yang masih asing di telinga kita. Sebut saja Kuzu, salah satu jenis akar-akaran seperti ginseng yang sangat baik dikonsumsi oleh para pria karena bisa membangkitkan stamina.

Disini juga dijelaskan kalau salah satu sup Jepang yang cukup terkenal, Miso, yang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Seperti untuk mengurangi alergi, meningkatkan libido, mengurangi tekanan darah tinggi, osteoporosis dan masih banyak lagi. Bahkan bakteri baik yang terdapat didalamnya saat proses pembuatan mampu membunuh bakteri yang bersifat jahat.

Tiap cerita tentang bahan diikuti dengan resep-resep yang dibuat secara klasik dan tradisional. Setiap resep yang disajikan dalam buku ini cukup jelas dan diberikan beberapa penjelasan singkat tentang khasiat dan keunikan dari masakan tersebut. Cara membuatnya pun dijelaskan secara jelas dan mudah dimengerti bahkan untuk pemula sekalipun. Seperti Samurai Miso Soup, Creamy Curried Carrot Soup, atau Kyoto-Style Miso Soup yang mampu memulihkan tubuh yang sedang tak bersemangat.

Buku setebal 224 halaman yang ditulis oleh John & Jan Belleme ini disisipkan juga beberapa cerita tentang cara-cara pembuatan bahan-bahan yang sering digunakan dalam masakan Jepang seprti Brown Rice Syrup Melt, Umeboshi, atau acar Jepang, Amazake, dan juga Mi Jepang. Meskipun semua bahan-bahan tersebut sudah dapat dijumpai di supermarket, buku ini juga memberikan beberapa tips cara memilih bahan yang sudah jadi itu secara tepat.

Setiap uraian bahan dalam bab buku ini dilengkapi dengan penjelasan mengenai manfaat bahan buat kesehatan, bagaimana bahan dibuat secara tradisional, tips membeli bahan, cara memasak bahan plus resep-resepnya. Dengan demikian dijamin Anda tak bakal tersesat dalam memahami informasinya.

Bukan hanya ketrampilan memasak yang akan diasah tetapi juga pengetahuan bahan makanan Jepang terutama yang berkaitan dengan kesehatan juga didapat. Dengan pengantar lengkap tentang 'Food is Medicine' Anda bakal diajarkan memahami makanan sebagai obat. Jadi tak sekedar belanja bahan dan memasaknya serta rasanya enak. Makanan kembali diletakkan pada fungsi awalnya untuk menjaga kesehatan. Kalau Anda tergolong orang yang sangat teliti dalam menjaga kesehatan, buku ini layak anda miliki!

Japanese Foods That Heal
John & Jan Belleme
Tersedia di Seluruh toko buku Periplus
Rp 145.000,00


Sumber : DetikFood.com

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda